Senin, 28 Januari 2013

Pemeliharaan AC Mobil Agar Tetap Awet Serta Sejuk



ac suzuki ertiga

Air Conditioner adalah fitur atau komponen yang lazim terdapat pada kendaraan modern khususnya kendaraan roda empat. Rasanya tidak ada produk mobil zaman sekarang yang tidak menyertakan fitur ini mengingat pentingnya sistem pendingin ruangan tersebut. Bahkan banyak yang menyertakan dua buah alat penyejuk tersebut sekaligus demi mendapatkan kualitas udara yang lebih bersih serta nyaman seperti halnya Suzuki Ertiga Double Blower terbaru. Untuk itu diperlukan tips khusus dalam pemeliharaan AC mobil anda agar tetap sejuk.


Mengetahui sistem atau cara kerja AC anda mungkin merupakan langkah awal yang sangat disarankan. Terdapat beberapakomponen utama pada sistem pendingin ini, yang pertama adalah Kompresor, kondensor, Refrigerant atau Freon, Receiver Drier serta Evaporator. Refrigerant atau Freon adalah gas Pendingin yang mentransformasikan udara panas menjadi uap dingin. Kompresor berfungsi menghisap freon dari Evaporator serta mengirimkannya ke Kondensor AC yang akan merubah gas freon menjadi cair.

Pertama pilihah freon untuk AC mobil anda dengan tepat. Bila mobil anda produksi tahun 1994 ke atas disarankan memilih freon berkode R134a sedangkan bila kendaraan anda berumur tahun 1994 kebawah freon yang digunakan adalah R12. Kesalahan pada penggunaan freon dapat mengakibatkan tiupan udara AC tidak optimal serta dapat mengakibatkan kebocoran pada selang selangnya.

Jagalah selalu kebersihan di didalam interior mobil anda, kotoran, debu atau jamur dapat terhisap masuk kedalam blower dan menyumbat blower tersebut, selain itu dapat mengakibatkan bau yang tidak nyaman saat dihidupkan, periksa blower serta selang selang AC secara berkala. Gunakan pengharum ruangan yang tepat, anda mungkin dapat melihat tips interior Ertiga pada bagian lain web ini.

Pastikan AC telah mati sebelum menghidupkan mesin mobil, setelah panas mesin sudah stabil baru nyalakan AC anda, begitupun saat mematikan mesin, pastikan pendingin ruangan telah anda matikan terlebih dulu. Jangan pula memaksa fungsi pendingin bekerja lebih keras dengan menurunkan suhunya saat SuzukiErtiga anda sedang melaju dengan kencang.

Bersihkan kondensor saat anda mencuci mobil atau sedang memeriksa mesin yaitu dengan menyemprot kondensor dengan air hingga seluruh debu atau kotoran yang menempel terlepas. Periksa pula apakah extra fan masih dalam kondisi baik, bila tidak segeralah ganti dengan yang baru.

Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap penyejuk ruangan anda secara berkala. Kuras kondensor serta freon.  Perhatikan pula Evapotrator, kabel kabel, pipa, Receiver Dryer, oli kompresor serta blower services. Dengan mengikuti tips serta cara pemeliharaan AC dengan benar, tentu komponen pendingin kabin tersebut akan tahan lama dan menghasilkan udara yang bersih serta sejuk  sepanjang perjalanan.